Tips Cara Memilih Smartphone dan PDA

20 Mar
Smartphone PDA

Smartphone PDA

Kita hidup di jaman dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Berbagai perangkat berteknologi tinggi telah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi sebagian besar orang. Setiap orang membutuhkan teknologi misalnya untuk berkomunikasi, untuk mengerjakan tugas, bahkan untuk sekadar bermain dan menjadi alat hiburan. Dahulu sebuah komputer berukuran hampir sebesar sebuah rumah. Namun sekarang, kita dapat membawa sebuah komputer yang canggih dalam tas dan bahkan di dalam saku baju kita.

Smartphone dan PDA telah menjadi perangkat yang mudah didapat dan digunakan oleh banyak orang. Banyak anak muda hingga orang tua begitu menggandrungi teknologi yang satu ini pada beberapa tahun terakhir ini. Dengan sebuah perangkat berukuran mungil dan dapat ditaruh dalam saku, Anda sudah dapat berkomunikasi seperti sebuah telepon, lalu terhubung ke Internet, mengerjakan beberapa aplikasi perkantoran, saling chat dengan teman, mengetahui posisi Anda dengan menggunakan satelit GPS, maupun sekadar mendengar musik dan menonton film. Perangkat ini sering dikenal sebagai gadget atau alat yang praktis.

Beberapa merk yang terkenal seperti O2, Dopod, HTC, HP, Nokia, dan bahkan BlackBerry telah menjadi merk favorit untuk smartphone dan PDA phone. Namun tahukah Anda, apa yang menjadi perbedaan kedua jenis gadget tersebut?

Smartphone vs PDA Phone

Sebenarnya keduanya hampir mirip. PDA sendiri merupakan singkatan dari Personal Digital Assistant. PDA phone merupakan pengembangan dari PDA yang ditanamkan fungsi telepon. PDA sendiri pada awalnya dibuat sebagai komputer mini yang berfungsi sebagai organizer digital dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun dalam pengembangan selanjutnya, fungsi telepon ditambahkan dalam PDA sehingga dikenal dengan nama PDA phone.

Sebaliknya smartphone merupakan pengembangan dari telepon selular yang kemudian ditambahkan fitur dan fasilitas lainnya sehingga menjadi telepon yang cerdas dan disebut smartphone. Jika dibandingkan, hampir tidak ada perbedaan antara PDA phone dan smartphone.

Tips Membeli Smartphone atau PDA

Sebelum memutuskan membeli suatu smartphone atau PDA, sebaiknya Anda bertanya kepada diri sendiri dengan pertanyaan panduan seperti berikut:

  1. Apakah perangkat tersebut nyaman dipegang?
  2. Apakah tampilan layar cukup terlihat jelas?
  3. Apakah harga perangkat tersebut masih masuk akal untuk saya?
  4. Apakah tombol dan keypad mudah digunakan?

Setelah itu, Anda juga dapat memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Jaringan seluler, apakah GSM atau CDMA.
  • Sistem operasi yang digunakan, misalnya Symbian, Windows Mobile, Linux, atau Android.
  • Kecepatan data yang mampu ditangani, apakah GPRS, ED-VO, 3G atau 3.5G
  • Fungsi WiFi
  • Keypad QWERTY atau numerik
  • Connectivity dari smartphone atau PDA ke perangkat lainnya seperti komputer
  • Ukuran Memory
  • Jenis batere yang digunakan
  • Aplikasi yang tersedia
  • Layanan purna jual

Tips Smartphone dan PDA

Anda dapat membaca artikel mengenai smartphone dan PDA di bagian teknologi pada artikel berikut:

» Tips Memilih Smartphone atau PDA

Artikel ini akan membahas berbagai tips menarik sebelum Anda memutuskan membeli smartphone atau PDA, mengingat harga dari sebuah smartphone dan juga PDA yang tidak murah.

Anda pun dapat berlangganan informasi gratis pada website Kumpulan.Info. Untuk berlangganan info terbaru, silahkan klik link di bawah ini:

» Berlangganan Info Terbaru Gratis di Kumpulan.Info

Tinggalkan komentar