Kanker Payudara pada Wanita

21 Feb
payudara

payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang membunuh banyak wanita. Kanker payudara memiliki jumlah penderita wanita terbanyak setelah kanker serviks. Kanker yang terjadi pada payudara wanita ini bisa mendatangkan kematian jika tidak dideteksi sejak dini. Bagaimana caranya?

Periksa Payudara

Sebagai seorang wanita, Anda sebaiknya rutin memeriksa payudara Anda. Bagaimana caranya? Dengan melakukan periksa payudara sendiri. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Berdiri di depan cermin dengan posisi bahu lurus dan kedua tangan di pinggang. Perhatikan apakah ada perubaan fisik payudara Anda, misalnya perubahan bentuk, ukuran atau warna payudara.
  • Angkat kedua tangan ke atas dan perhatikan kembali apakah ada perubahan fisik payudara yang tampak.
  • Tekan puting payudara dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting susu.
  • Berbaring dan raba payudara bagian kanan dengan tangan kiri dan sebagainya. Buat pola memutar dan rasakan apakah pada payudara terdapat benjolan dan lainnya.
  • Saat duduk atau berdiri coba pijat payudara untuk menemukan apakah ada benjolan yang mencurigakan. Raba daerah ketiak sampai perut untuk memeriksanya.
  • Lakukan pemeriksaan sendiri atau minta bantuan suami untuk membantu memeriksa payudara istri.

Gerakan periksa payudara dapat dilakukan oleh pasangan hidup kepada istrinya. Atau para suami dapat mengingatkan istrinya agar melakukan pemeriksaan Sadari secara teratur. Peranan keluarga tentu dapat memudahkan terdeteksinya penyakit ini.

Mencegah Kanker Payudara

Gaya hidup yang baik dapat menunjang kesehatan sehingga mencegah kanker payudara. Seringlah makan makanan yang kaya akan serat, seperti roti gandum murni dan cereal. Jenis makanan ini dapat membantu menurunkan kadar prolaktin dan estrogen, kemungkinan dengan mengikatkan diri pada hormon-hormon ini lalu membuangnya ke luar tubuh. Pengaruh-pengaruh ini dapat menekan fase lanjut dari karsinogenesis (pembentukan kanker).

Mengurangi makanan berlemak jenuh dapat menurunkan risiko. Misalnya dengan mengganti susu biasa dengan susu skim (tanpa lemak), mengurangi pemakaian mentega, memakan daging tak berlemak, dan menyingkirkan kulit ayam dapat menurunkan kadar lemak jenuh hingga taraf yang lebih aman.

Makan sayur-sayuran yang kaya vitamin A, seperti wortel, labu siam, ubi jalar, dan sayur-sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung dan sawi hijau, mungkin dapat membantu. Diperkirakan bahwa vitamin A mencegah pembentukan mutasi penyebab kanker. Dan sayur-sayuran seperti brokoli, kol Brussel, kembang kol, kol, dan daun bawang mengandung zat-zat kimia yang membentuk enzim-enzim pelindung.

Sistem kekebalan tubuh, yang mengenali dan menghancurkan sel-sel yang abnormal, dapat diperkuat melalui makanan. Ia menyarankan memakan makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, kerang, dan buah serta sayuran yang kaya akan vitamin C. Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C menurunkan risiko kanker payudara.

Mengapa timbul kanker payudara? Lalu bagaimana menjaga payudara Anda tetap sehat? Dan bagaimana jika Anda terkena kanker payudara? Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai kanker payudara pada artikel kesehatan berikut ini:

Anda pun dapat berlangganan informasi gratis pada website Kumpulan.Info. Untuk berlangganan info terbaru, silahkan klik link di bawah ini:

ยป Berlangganan Info Terbaru Gratis di Kumpulan.Info

2 Tanggapan to “Kanker Payudara pada Wanita”

  1. yunius tumani 12 Oktober 2010 pada 4:50 pm #

    thanks dpt info baru

  2. Dhian Upiek 15 Januari 2012 pada 3:59 pm #

    terima kasih infonya,karena sangat bermanfaat buat saya.

Tinggalkan komentar